Kunjungan Andrivo ke Fisika Unair

Duduk (kiri-kanan): Biantoro (angkatan 06), Lusia (05), Rifki (05), Ayu (05), Aries (04). Berdiri (kiri-kanan): Rosyid (05), Satriaji (06), ANDRIVO RUSYDI, Zaidan (dosen, Fi ITB 01), Taufik (04, finalis cak-ning Surabaya 07), Ade (04)
Andrivo bersama anggota photon (grup fisika teori) Unair.

Adalah sebuah kehormatan bagi kami, grup photon Unair, disinggahi oleh salah seorang fisikawan muda Indonesia handal, Andrivo Rusydi. Kunjungan satu hari Andrivo ini dalam rangka silaturahim bertemu saya (yang notabene adiknya, hehe) dan Pak Darminta, mentornya dahulu waktu S1 di ITB dan sekarang adalah dosen di jurusan Fisika ITS. Memang, sejak setahun yang lalu saya sudah meminta Andrivo untuk main-main ke Surabaya, yang juga tanah leluhur ibu-mertuanya.

Keterangan foto dari kiri ke kanan
(duduk): Biantoro (angkatan 06), Lusia (05), Rifky (05), Ayu (05), Aries (04);
(berdiri): Rosydi (05), Satriaji (06), ANDRIVO RUSYDI, Zaidan (dosen, FI ITB 01), Taufik (04, finalis cak-ning Surabaya 07), Ade (04).
Fotografer: Febdian Rusydi (tidak tampak).
Lokasi: Ruang Grup Fisika Teori Unair.

Kesempatan ini langsung kami manfaatkan untuk diskusi antardosen, mengenai budaya riset dan belajar serta semangat menulis. Secara spesifik, Andrivo bercerita banyak tentang riset-riset terkini di bidang superkonduktor yang memang menjadi core business-nya selama 10 tahun terakhir. Saya juga mempertemukan beliau dengan mahasiswa-mahasiswi fisika Unair yang sedang tugas akhir di grup photon. Saya puas dengan antusias mahasiswa-mahasiswa saya yang memanfaatkan waktu sempit.

Grup photon sekarang memiliki 7 orang petugas akhir yang bekerja dalam 3 tema riset, yaitu fototerapi berdasarkan radikal bebas oksigen (reactive oxygen species, ROS), fototerapi berdasarkan pembangkitan panas (heat generation) dari carbon nanotube, astropartikel (review dark matter dan dark energy), serta modifikasi komputasi metoda akai-KKR untuk menghitung energi eksitasi dari molekul berelektron banyak.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

8 thoughts on “Kunjungan Andrivo ke Fisika Unair”

  1. wah selamat buat teman taman theory ya….
    tapi lho fotoku ga ada. Buka Webq aj lah kalo pengen tahu aku…
    aku pengen sukses, ak minta bantuan ke teman teman agar senantiasa mengingatkanku di saat aku lelah….

  2. sebuah kehormatan bisa masuk group PHOTON Universitas Airlangga. buat pak Zaidan jangan keseringan senyum aneh gitu deh…
    hehe…
    buat pak Febdian thanks for the spirit.
    SMANGAT!!

  3. Senangnya bisa foto bersama seorang yang hebat. “Kunci keberhasilan adalah ketekunan” itulah pesan pak Andrivo yang masih saya ingat. Buat teman-teman Photon, tetap semangat ya ngerjakan TA nya… Special thanks buat pak Febdian dan pak Zai yang masih sabar membimbing kita he he.

  4. suatu kesempatan yang sangat langka lo bisa bertemu,sharing langsung dan bahkan bisa foto bersama seorang fisikawan handal
    msh muda lg
    bwt tmn2, smangat y ngerjakan TA-nya,,,,
    bwt pak feb dan pak zai, thanks for all,,,
    (waktu,tenaga,pikiran,buku2 bwt membimbing kita)

    oy iya thanks jg bwt traktiran bukanya
    he9

  5. Bagaimana kajian masalah penurunan Rumus Schrodinger dengan menggunakan experimental optik dan akustik apa bisa kita bahas disini … hehehehhe. OK ini tantangan dari Fisika komputasi ke Fisika Teori

  6. assalamu’alaikum…
    maaf ikut nimbrung..ini saya mahasiswa uns lagi perlu info buat TA…ada yang tau info tentang PMMA(Poly(methyl methacrylate)
    HARGANYA BERAPA YA…dan cara memperolehnya mudah ga ya…
    kl ada yangn tau bisa minta tolong kasih info kirim ke email…
    esthi.8705@gmail.com
    trimakasih…

  7. Waalaikumsalam,

    Wah, sepertinya ini kawan-kawan kimia lebih tahu soal ini. Saya tidak pernah mengorder zat-zat kimia atau bahan-bahan untuk eksperimen.

    Saya coba google, dengan kata kunci “where to buy Poly(methyl methacrylate) indonesia”, hasilnya sebagai berikut: http://tinyurl.com/nzh4pm .

    Mudah-mudahan membantu.

Leave a Reply