Import Windows Mail ke Thunderbird

Saya menggunakan Thunderbird version 2.0.0.19 (20081209). Menurut situs MozillaMessaging.com, versi 3.0 sudah mencapai tahap beta 2. Mudah-mudahan segera dirilis.

Fasilitas Import pada Thunderbird 2.0 tidak dapat memindahkan isi email dan daftar alamat (contact) dari Windows Mail. Berikut cara untuk melakukan dua hal tersebut yang saya lakukan dan alhamdulillah sukses besar.

Impor email dari Windows Mail ke Thunderbird 2.0.

  1. Unduh dan instal ad-on ImportExportTool-2.1.2 ke Thunderbird.
  2. Pilih dan lakukan (enter) Tool > Import/Export in mbox/emf format > Import all ems files from a directory > also from its directories.
  3. By default, Windows Mail menyimpan arsip email di folder C:\Users\<username>\AppData\Local\Microsoft\Windows Mail\Local Folders. Arahkan browser ke folder ini dan lakukan.
  4. Selesai!

Untuk contact:

  1. Buka Windows Mail.
  2. Pilih dan lakukan File > Export > Windows Contact > CSV > Export.
  3. Simpan file CSV di sebuah folder.
  4. Buka Thunderbird.
  5. Pilih dan lakukan Tool > Import > Address Books > Text file > Next.
  6. Arahkan browser ke folder tempat penyimpanan file CSV pada langkah 3.
  7. Pilih file tersebut dan lakukan.
  8. Selesai

Gampang, kan? hee hee hee

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

14 thoughts on “Import Windows Mail ke Thunderbird”

  1. wah….. kok jadi blog komputer gini yach, tulisan fisika-nya mana nich ?????

  2. Bang Feb, ada temen saya nanya nich, n saya bingung ato lebih tepatnya nggak tahu jawabnya gimana.

    “Bagaimanakah penentuan konduktivitas termal logam, non logam serta logam paduan?
    jika bisa berkaitan dengan rumus yang digunakan”

    Ni udah di masukin ampe ke Yahoo Answer segala, tapi lum ada yang jawab.
    Mohon bantuan, n kalo bisa sich secepatnya, hehehehe

  3. Halo Bung Tri,

    Blog ini memang diniatkan untuk tulisan-tulisan tentang fisika. Tapi, saya buat juga kategori mimbar bebas untuk menulis hal-hal lain di luar fisika supaya saya sendiri tidak kehilangan tempat untuk berekspresi bebas 😉

    Ngomong-ngomong, rumus yang dipakai apa? Sudah lihat buku Solid State si Kittel?

  4. ……………….. jika bisa berkaitan dengan rumus yang digunakan”

    Maksudnya, bisa beri rumus yang mendukung untuk menyelesaikan problem ini gak ???
    Soalnya kita belum tahu nich.
    Soal bukunya Kittel, masih kita cari n usahain buat baca.

  5. Saya teman dari tri. Ini rumusnya k=((2,61×10^-6)T/Pe)-((2×10^-17*(T/Pc)^2)/(Cp*P)-((97Cp*P^2)/MT). P besar adalah rho/ massa jenis (saya ndak bisa nulise), Pe atau rho indeks e adalah tahanan jenis, yang mana pada buku ini salah satuannya yaitu rhocm. Padahal satuan ini adalah satuan untuk hambatan jenis. M adalah massa molal dengan satuan g/gmol. Cp adalah kalor jenis. Dan T adalah temperatur. k adalah konduktivitas thermal untuk logam paduan dengan satuan watt/cmCelcius. Yang saya tidak temukan adalah bagaimana menyetarakan satuannya. Terimakasih. Solid state itukan buku untuk fisika zat padat ya?? Saya sudah baca beberapa tapi bukan pengarang yang itu. Yang saya cari adalah konduktivitas untuk beberapa bahan. Yang utama adalah untuk logam paduan dan bahan non logam. Mungkin juga ada perumusan lain yang lebih masuk akal dan bisa dibuktikan. He..he.. Terimakasih.

  6. Apakah ketik ulang rumus dengan LaTeX seperti ini?

    $k = 2.61 \times 10^{-6}\: \frac{T}{\rho_e} – \left(2 \times 10^{-17} \: \left(\frac{T}{\rho_e}\right)^2\right) \: \frac{1}{C_p\, P} – 97\, \frac{C_p\, P^2}{m\, T}$

    Rumus ini dari empiris ya? Kalau pakai ilmu solid state dasar (saya memang bukan jagoan di bidang fisika zat padat), konduktivitas termal $C_V$ adalah

    $C_V = \left(\frac{\partial U}{\partial T} \right)$

    di mana $U$ adalah energi termal sebagai fungsi temperatur $T$. Fungsi $U$ dapat dihitung dari jumlah energi total dari semua mode fonon — untuk menyelesaikannya dapat memakai macam-macam metode, misalnya Model Debye (kalau di buku Solid State Kittle edisi ke-7, ini di bahas pada Bab 7 halaman 116).

    Relasi antara $C_V$ dan $C_P$ diberikan oleh termodinamika,
    $C_P – C_V = 9\, \alpha^2\, B\, V\, T$,
    dengan $\alpha$ adalah konstanta muai panjang, $V$ adalah volume, dan $B$ adalah modulus Bulk. Biasanya, pada $T \rightarrow 0$, $C_P \rightarrow C_V$ sehingga $\alpha$ dan $B$ konstan.

    Apa yang saya sampaikan di atas adalah level mikro. Nah, mungkin permasalahan Bung Nur ini sudah level makro yang sudah didominasi oleh konstanta-konstanta empiris?

    Mengenai penyetaraan satuan, coba uraikan satu per satu dimensi dari semua variabel yang terlibat dengan analisis dimensi (ada di buku Fisika Dasar apapun).

  7. Maaf, tapi saya bukan bung. Terimakasih sarannya. Buku solid statenya sama sekali tidak ditemukan. Memang penulisannya sudah benar. Selain kittel mungkin ada referensi lain?

  8. Saya ada pertanyaan lagi. Berapa lama air dapat bertahan dalam sebuah wadah yang tertutup? Air kondisinya adalah panas dan tidak mengalami pengurangan jumlah/volume. Pokoknya kondisinya tetap, ndak dibuka-buka. Berapa lama air dapat bertahan dilihat dari segi keamanan untuk diminum. Terus tinjauan dari segi kondisi molekul air yag terpengaruh oleh dinding wadah bagaimana? Terimakasih. Kalau ada referensi bukunya…..

  9. Halo Nur, maaf sekali saya lama tidak buka situs. Lagi repot-repotnya, tapi bukan karena pemilu lho hehe.

    Mengenai peyetaraan satuan konduktivitas termal logam kemarin bagaimana?

    Mengenai air, kalau sudah pernah dididihkan (berarti kuman-kuman yang berbahaya bagi perut kita sudah mati), kemudian diisolasi, ya tentu dia dapat bertahan lama selagi tidak terjadi kontaminasi. Selama itu pula air itu dapat diminum.

    Molekul-molekul air memang pasti berinteraksi dengan dinding wadah, tapi tidak akan sampai terjadi tumbukan inelastis (yaitu, tumbukan yang menghasilkan sesuatu yang baru). Energi kinetik molekul air dapat dihitung dengan teori gas, $E = 3/2\, k\, T$ dengan $k$ adalah konstanta Boltzmann dan $T$ adalah temperatur air.

    Interaksi molekul air – dinding wadah secara termodinamis dapat dibaca di buku-buku termodinamika. Saya pakai buku termodinamika karangan Yunus Cengel.

  10. Terimakasih mas….. Rumusnya tetap dalam rimbanya. Artinya, tetap tidak ditemukan. Terimakasih….

  11. asw, fisika sunatullah.. hi wow..
    bagaimana penurunan rumus konduktivitas termal..
    dan bagaimana pula hubungannya dengan sunatullah..
    jawabannya kirim ke email saya ya pak

Leave a Reply