Network Discovery Tidak Dapat Aktif

Pernahkah Anda, pengguna Windows Vista, tidak dapat mengaktifkan fasilitas Network Discovery Anda? Akibatnya, Anda tidak dapat melakukan mapping network atau berbagi folder/file dengan rekan-rekan intranet. Anda memang masih dapat mengakses internet, melakukan pekerjaan kantor lainnya, tapi sesuatu yang seharusnya menjadi hak Anda tidak Anda peroleh dan itu, bagi saya, menyakitkan!

Jangan khawatir, jika Anda mengalaminya, maka Anda bukan satu-satunya. Jika tidak percaya, sila google dengan kata kunci “network discovery vista off” atau sejenisnya.Kira-kira awal bulan Maret yang lalu, laptop saya tidak dapat menjalankan fungsi mapping network sehingga saya tidak dapat berbagi file dengan teman sekantor. Awalnya saya mencoba bersabar, tapi ketika saya tidak dapat menggunakan akses speedy di rumah mertua beberapa pekan lalu, kesabaran saya habis!

Awalnya saya pikir firewall yang bermasalah, ternyata tidak. Saya ganti antivirus dari AVG ke AntiVir, tidak berdampak. Akhirnya, hari ini saya temukan solusi di Windows Vista Forum. Singkat cerita, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Start > ketik “Serives.msc” (tanpa tanda petik).
  2. Periksa servis SSDP Discovery, TCP/IP NetBIOS Helper, Computer Browser, dan Server aktif. Jika tidak, aktifkan dengan startup type Automatic dan klik start untuk menjalankannya.

Sekarang Network Discovery Anda telah aktif.

Ketika saya coba, ternyata status Netword Discovery saya adalah “custom”. Jangan khawatir, untuk benar-benar berstatus “on”, Anda tinggal aktifkan (dengan cara yang sama) servis  DNS Client, Function Discovery Resource Publication, SSDP Discovery, dan UPnP Device Host. Info ini ada pada menu help (F1) Windows Vista.

Yang masih menjadi misteri bagi saya adalah: bagaimana servis-servis itu mati dengan sendirinya? Padahal dulu semua baik-baik saja…

Semoga bermanfaat!

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

One thought on “Network Discovery Tidak Dapat Aktif”

Leave a Reply