Spell Checker Bahasa Indonesia untuk Office 2007

Salah ketik, atau typo error, atau misspelling, adalah musuh laten bagi kita semua. Terutama saat kita harus menulis laporan resmi, entah itu untuk tugas akhir atau proyek penerjemahan. Komputer yang seharusnya dapat membantu kita untuk mengecek kesalahan ternyata malah sering menjadi bagian dari masalah itu sendiri. Sialnya lagi, tidak banyak orang Indonesia yang begitu peduli mengenai tata krama ejaan yang disempurnakan, apa lagi sampai memikirkan sebuah program spell-checker yang gratis.

Seingat saya dulu, Elex Media Komputindo pernah menjual program pengecek ejaan kata untuk Microsoft Office. Tapi, entah bagaimana perkembangannya. Saat Open Office 2.0 muncul, ada yang mengembangkan daftar kata Bahasa Indonesia secara gratis. Saya sangat menyukainya dan menjadi salah satu alasan utama kenapa saya senang memakai Open Office. Namun, daftar kata itu tidak dapat lagi dipakai di Open Office 3.0 karena perubahan format.

Solusi konvensional, terutama bagi kita kebanyakan yang memakai Microsoft Office 2007 (saya pakai yang asli lho! membajak itu haram, hehe), adalah membuat sendiri daftar kata bahasa Indonesia. Repot? Tentu saja…, makanya tulisan ini saya buat untuk berbagi informasi, bahwa sudah ada yang membuat daftar kata bahasa Indonesia dalam format .DIC (format kamus Microsoft Office). Sila unduh di sini.

Permasalahannya, file tersebut sepertinya dirancang untuk Microsoft Office 2003.  Cara instalasi dapat Anda baca di sini. Ketika saya ikuti cara instalasi yang tertulis dalam situs tersebut, si Office 2007 saya komplain berkali-kali karena file tidak diformat dalam unicode (atau sesuatu seperti itu).

Bagi pengguna Microsoft Office 2007, ada sedikit modifikasi dalam proses instalasi. Berikut apa yang saya lakukan.

  1. Unzip dan letakkan di tempat yang Anda suka.
  2. Buka Ms Word, klik Office Button (biasanya di pojok kiri atas).
  3. Pilih “Word Options” (biasanya di menu pojok kanan)
  4. Pilih “Proofing” dan klik “Custom Dictionaries”.
  5. Pilih “New…” lalu buat satu file kamus berformat .dic. Beri nama sesuka Anda (kalau saya beri nama “Indonesia.DIC).
  6. Klik OK dan beri contreng pada file baru tersebut. Kamus “Default.DIC” dihilangkan saja contrengnya.
  7. Buka Explorer dan pergi ke folder “C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\UProof”.
  8. Buka file .DIC yang Anda buat tadi dengan Notepad (jangan dengan yang lain).
  9. Buka file IndoWordList.dic dengan Notepad juga dan kopikan semua yang ada ke file .DIC Anda.
  10. Selesai.

Silakan diuji spell checker tersebut dengan pura-pura salah mengetik, hehe. Tapi, jangan lupa mengaktifkan fasilitas spell-checker-nya. Kita dapat menambahkan kata-kata baru ke dalam .dic buatan kita tersebut. Penambahan kata-kata baru akan menjadi mudah jika kita memang sering mengetik dan memanfaatkan fasilitas spell checker.

Ada alternatif lain. Situs www.invir.com membuat program bernama Periksa Kata untuk keperluan serupa. Saya sudah memakainya dan menurut saya sedikit repot karena prosedurnya: salin-tempel tulisan Anda ke program tersebut, cek, lalu salin-tempel balik tulisan yang sudah dicek ke lembar kerja Anda. Program tersebut mengizinkan kita menambah kata baru, tapi saya belum menemukan cara untuk menghapus kata dalam database (siapa tahu kita salah menambahkan kata).

The choice is yours!

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

28 thoughts on “Spell Checker Bahasa Indonesia untuk Office 2007”

  1. wuah senengnya akhirnya saya bisa nginstal program tsb
    meskipun dengan bantuan langsung dr pak feb
    hehe9 😛
    makasih pak

  2. keren…. tapi cara saya beda dengan caranya pak feb lebih sederhana. thanks pak atas infonya. brarti file itu masih bisa kita edit seenak kita dong misal saja kosa kata yang saya buat ato temukan sendiri….

  3. Iya, saya pikir Windows XP lebih simpel. Atau bisa jadi Windows Vista saya yang ngaco hehehe. Tapi, yang penting bekerja sebagaimana mestinya dan kalau ngetik tidak lagi ada tipo eror.

  4. Yes, it can work for every word you like because you can add a new word to the dictionary file.

    By default, the dictionary file only contains “genuine” words (kata-kata baku) according to EYD.

  5. lagi nyari spell check EDJA yg ada di kotak about Office malah nemu ini. bisa juga utk word 2010. Trims.

  6. kok yang saya punya tidak ada folder “C:\Users\\AppData\Roaming\Microsoft\UProof”.

  7. Oh, sukurlah… Saat itu saya belum sempat mengecek kenapa salah. Boleh tahu, Mbak, apa yang keliru saat itu?

    Ngomong-ngomong, kita dapat tambahkan kata baru ke dalam databasenya, lho.

  8. Folder “UsersDinaAppDataRoaming”-nya tersembunyi. Tapi setelah ‘ditemukan’ beres deh.
    Aku juga lagi nambahin kata-kata barunya nih 😉 Terjemahanku jadi lebih lancar.

  9. Oh… ternyata sederhana ya, hehe. Betul, memudahkan pekerjaan. Saya juga pernah menikmati kemudahan itu 🙂

    Sukses Mbak! Saya sudah niatkan membaca hasil terjemahan Mbak Dina. BTW, “pensieve”-nya bagus. Apa Mbak Dina ikut milis Bahtera?

  10. Terima kasih. Aku udah ikutan milis Bahtera. Bahkan, berkat ikutan milis Bahtera aku bisa tahu banyak tentang penerjemahan & nerjemahin sejumlah buku 😉

  11. Setelah mengiktuiti langkah2 yang bapak berikan secara runtut ternyata ketika memasuki langkah berikut “C:\Users\\AppData\Roaming\Microsoft\UProof” sepertinya tidak tersedia aplikasi itu. Gemana cara memunculkan? from MUSMA3

Leave a Reply