Touch screen tidak berfungsi

Laptop saya, keluarga HP Pavilion tx 1000, bermasalah lagi! Setelah sebelumnya pernah tiba-tiba mati dan harus ganti motherboard, kemudian networdk discovery tidak dapat aktif, terakhir adalah touch screen-nya tidak berfungsi. D’oh!

Saya baru menyadari subuh ini, ketika hendak menyiapkan sebuah materi kuliah. Saya ingin membuat sketsa grafik dengan tangan dan menyadari bahwa fasilitas touch screen tidak berfungsi. Seperti biasa, setiap barang-barang saya tidak dapat berfungsi dengan baik, saya selalu rusuh dan ini jelas mempengaruhi emosi. Untung ada istri saya yang mengerti bagaimana kalau saya uring-uringan. Setelah berkonsultasi dengan dia, solusinya sih sama, pertama tanya dulu ke mbah google. Dan untunglah, saya temukan jawabannya di HP Support Forums.

Dari forum tersebut saya ketahui ternyata tidak hanya touch screen saja yang rusak, tapi juga webcam dan fingerprint. Saya cek dan benar.

Sepertinya permasalahan ada pada driver HX2LP (salah satu driver untuk USB). Driver HX2LP ini memperbarui driver bawaan Vista (Generic USB Hub) saat upgrade Windows ke SP2. Solusinya adalah kembali ke driver bawaan Vista. Caranya sebagai berikut:

  1. Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager > Universal Serial Bus controllers
  2. Pilih HX2LP driver > Driver
  3. Klik “Roll Back Driver”

Driver akan kembali ke Generic USB Hub dan semuanya berfungsi dengan baik. Meskipun demikian, saya masih punya masalah: bagaimana mendaftarkan sidik jari saya pada program VeriSoft? Sejak dibeli, fasilitas ini belum pernah saya pakai dan sekarang ingin dipakai malah tidak tahu caranya.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

8 thoughts on “Touch screen tidak berfungsi”

  1. Kalo di install ulang gimana? Berisiko gak ? πŸ™‚
    Kalo saya biasanya kalo ada troublle mending saya install ulang aka daripada repot2.

  2. Haha, sepertinya apapun pilihan solusi selalu ada resiko. Suatu saat saya akan format dan instal ulang semua, tapi tidak saat ini karena proses itu butuh waktu satu hari. Sementara kerjaan saya masih menumpuk.

  3. duh kirain rusak lagi pak…. alhamdulillah kalo mang sudah bisa. paling jengkelin kalo fasilitas yang kita miliki tidak berfungsi dengan baik. rasanya mau banting ato nendang sesuatu. tapi mang kan itu tantangan agar kita lebih mengenal barang yang kita miliki.

  4. Btw Bang masih suka menggunakan Linux buat bekerja atau Hobbi ?
    klo gak salah di blog yang lama pernah menyebut2 pakai “MANDRIVA” ? πŸ™‚

  5. Semenjak di Indonesia belum pernah lagi, Kang. Padahal banyak pekerjaan yang lebih baik dilakukan di atas OS linux. Tapi ya ini, karena masih belum sempat jadi masih bergantung pada Vista hehehe..

  6. he2…memang perlu waktu buat ngoprek2nya ya Bang, sekarang juga sya sudah coba lebih banyak kerja dengan Linux (Ubuntu Linux 8.10), sangat layak untuk dicoba + jika masih perlu program berplatform Wndw masih bisa jalan di Linux πŸ™‚

    btw diartikel febdian yang lama pernah menyebut2 tentang menggunakan Latex..itu sejenis aplikasi office atau lebih dari itu, jadi berminat coba juga

    Nuhun
    sukses bang

  7. Haha, benar. Rencana saya mau instal Ubuntu di laptop, tapi ya itu, butuh waktu euy.

    Benar kang, LaTeX itu aplikasi untuk menulis. Seperti Ms Office, tapi LaTeX lebih ditujukan untuk pengetikan yang banyak melibatkan persamaan matematika. Di Windows, namanya MiKTeX (miktex.org).

    Nanti saya upload lagi tulisan lama “mari menulis dengan getah karet” dulu hehe.

  8. sip sip makasih bang sebelumnya,info ttg latexnya

    btw klo perlu Ubuntu Pocket Guide insyllh saya kirim via email ya πŸ™‚

    Salam

Leave a Reply