Mari Menggunakan Windows Live Writer

Windows Live Writer Whoa… hampir setahun yang lalu saya mendengar nama produk ini, Windows Live Writer (WLW), yang terpasang otomatis setelah saya mengizinkan Windows Update untuk menginstal “Windows Live”. Tidak pernah saya otak-atik karena memang tidak tertarik. Sampai akhirnya saya membaca artikel “Moderate Comments on your WordPress Blog with Windows Live Writer” di blog ditigal inspiration. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Windows Live Writer. Program ini dapat diunduh di situs Windows LiveTM. Jangan khawatir, WLW gratis kok!

Blog almost anywhere: Writer lets you publish to almost any blog service, including Windows Live, WordPress, Blogger, LiveJournal, TypePad, SharePoint, Community Server, and many more. Don’t have a blog yet? Writer can help you set one up. (http://download.live.com/writer)

WLW menawarkan banyak kebolehan yang memanjakan para blogger, seperti diringkas oleh kuotasi di atas. Anda boleh tengok ulasan produk ini lebih banyak lewat google. Namun, jika Anda praktisi blogger kelas “biasa-saja’’ seperti saya, berikut sejumlah manfaat yang saya dapat dari WLW.

Pertama dan mungkin paling utama adalah WLW memberikan nuansa menulis online meskipun kita offline. Saat pertama menulis, WLW menanyakan perihal blog kita. Kita masukkan alamat blog kita, kemudian WLW melakukan semacam sinkronisasi. WLW memiliki jendela tab Edit untuk menulis, Preview untuk melihat hasil tulisan kalau tampil di blog, dan Source untuk menampilkan dan mengedit kode-kode HTML tulisan kita. Ada fasilitas “set categoris,” “set tags,” dan “set publish date” yang semua tersinkronisasi dengan blog kita. WLW juga menyediakan format huruf, paragraf, itemisasi, dan tabel identik dengan yang ada di menu WordPress sehingga seakan-akan kita sedang mengetik di blog kita sendiri.

Kita dapat menulis artikel sebanyak yang kita mampu. Semua disimpan dalam bentuk draf, lagi-lagi persis seperti di WordPress. Selain menulis, kita dapat menempel media seperti gambar, animasi, dan video. Setelah onlike, kita tinggal kirim ke blog dengan fasilitas “Publish”. Dan, apa yang kita tulis itu pula yang kita dapat, atau saya sebut What You Have Written Is What You Get (WYHWISYG), heehee.

menu fasilitas pengolahan gambar WLW memiliki fasilitas pengolahan gambar yang sangat baik – sesuatu yang tidak kita dapatkan di WordPress. Kita dapat memotong (crop), memutar (rotate dan tilt), serta memberikan efek watermark pada gambar.  Sejumlah efek lain seperti Sephia tone, Sharpen, Gaussian blur juga tersedia. Untuk menampilkan menu pengolahan gambar cukup dengan cara klik kiri gambar yang sudah ditempelkan. Menu seperti pada gambar di sebelah ini akan tampil. Gambar di sebelah ini sendiri memakai efek Sephia tone, Sharpen, dan modifikasi  contrast dan brightness.

WLW didukung oleh banyak plug-in. Galeri plug-in resmi disediakan oleh situs Windows LiveTM. Sejumlah plug-in dirancang saat WLW masih dalam versi beta. Oleh sebab itu, sebelum menginstal plug-in, pastikan dulu bahwa WLW yang Anda gunakan sudah memiliki fasilitas yang dijanjikan plug-in. Misalnya saja plug-in Table,  WLW Build Build in 14.0.8080.726 en yang saya pakai sekarang sudah memiliki fasilitas pembuatan tabel. Blog digital inspiration juga memberikan sejumlah plug-in yang direkomendasikan (tetap hati-hati, karena rekomendasi ini dikeluarkan saat WLW masih versi beta).

Plug-in favorit saya adalah Dynamic Template. Highlight kuning yang Anda lihat di atas saya buat dengan bantuan plugin ini. Saya juga memasang plugin Comment Management yang memudahkan saya untuk mengatur komentar-komentar di  blog saya. Cara instalasinya diberikan oleh artikel “Moderate Comments on your WordPress Blog with Windows Live Writer.”

Satu hal yang masih menjadi kendala buat saya adalah fasilitas kamus (Dictionary). WLW yang saya gunakan sekarang (Build in 14.0.8080.726 en) tidak menyediakan “add new dictionary” sehingga saya tidak dapat menggunakan fasilitas spell checker untuk Bahasa Indonesia. Sejumlah artikel tersedia di Internet mengenai hal ini, tapi belum ada yang saya coba.

Untuk meningkatkan produktivitas, saya anjurkan membaca artikel berikut ini:

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

1 thought on “Mari Menggunakan Windows Live Writer”

  1. layak coba. kebutuhan dunia maya membutuhkan sesuatu yang efisien dan efektif. kalau tidak kita bisa berakhir di depan komputer seharian haha.

Leave a Reply