Kuliah Umum pada Acara Kuis Fisika SMA 2009

Saya diminta untuk memberikan kuliah umum kepada para peserta Kuis Fisika 2009. Kuis Fisika adalah acara tahunan yang digelar oleh Himafi Unair, diiukit oleh siswa SMP dan SMA. Acara ini terdiri dari tiga babak, penyisihan, semi-final, dan final.

Saya coba memberikan materi yang ringan, dengan tujuan menghibur dan menggugah mereka dengan fisika. Dengan segala keterbatasan, saya ambil topik Hukum Lorentz: bahwa partikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnet akan mengalami gaya magnet,

\vec{F} = q\, (\vec{v} \times \vec{B})

dengan q adalah muatan (elektron bermuatan negatif), v adalah kecepatan partikel dan B adalah medan magnet. Perhatikan, kecepatan dan medan magnet adalah besaran vektor. Perkalian silang antara kedua besaran ini memberikan besaran vektor juga yang arahnya selalu tegak lurus terhadap v dan B (aturan tangan kanan).

Tentu saja saya tidak bicara tentang formulasi hukum ini. Namun, saya jelaskan sejumlah fenomena yang terkait langsung dengan hukum Lorentz. Saya pilih empat: kecoa, loadspeaker, eksperimen LHC di CERN, dan perlindungan medan geomagnetik dari solar wind.

Materi presentasi dapat diunduh di sini. File kompresi zip ini terdiri dari sejumlah file, yaitu file ppt dan sejumlah animasi berformat mpg dan swf. Semoga bermanfaat.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

3 thoughts on “Kuliah Umum pada Acara Kuis Fisika SMA 2009”

  1. materi yg menarik pak….
    terutama tentang kecoanya…
    o y pak mau tnya ne…
    kn klo kita mau menerima suatu GEM psti butuh alat penerima yg disebut receiver.nah klo pada kecoa receivernya dimana?????

  2. Tentu saja dalam transaksi informasi ada pemancar dan ada penerima. Dalam kasus kecoa, matanya adalah penerima, yang diterima adalah informasi dari medan geomagnetik yang dapat dilihatnya dari proses quantum entangled. Pemancarnya elektron yang berinteraksi dengan cahaya.

  3. aslmlkm,..
    pk feb yg terhormat,..
    setelah saya membaca tentang materi kuliah umumnya, saya jd inget kenangan manis dahulu kala saat menjadi mahasiswa,..jd kangen pengen makan bangku kuliah lg nih,..hehehe,…

Leave a Reply