Kuliah Listrik dan Magnet 2010

(Artikel ini pertama kali di posting pada hari Kamis, 30 September 2010 dan terus diperbarui setiap ada file unduhan baru)

[2 file baru: file ke-6 dan file ke-7]

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kuliah Listrik dan Magnet tahun ini saya mulai dari konsep “Teori Medan”. Ini saya berangkat dari pengalaman bahwa elektromagnetik lebih mudah dipahami ketika kita sudah mengerti teori medan.

Untuk memulai teori medan, saya pilih hukum Gravitasi Newton sebagai pintu masuk: bagaimana hukum Gravitasi Newton tidak mempertimbangkan waktu sehingga interaksi dapat terjadi secara instan. Ini yang membuat bingung Einstein: jika tiba-tiba Matahari hilang, maka seharusnya kita di Bumi baru sadar sekitar 8 menit kemudian karena cahaya butuh waktu merambat sampai ke Bumi. Pada akhirnya gaya harus dilihat dari perspektif baru: sebagai manifesto medan yang merambat dari sumbernya.

Medan memiliki geometri, oleh karena itu teorema Helmholtz harus diperkenalkan terlebih dahulu. Di sini hadir dilema. Teorema Helmholtz menggunakan bahasa kalkulus vektor, namun tidak semua kita yang penuh kesadaran belajar kalkulus vektor dengan sungguh-sungguh. Jadinya, teorema Helmholtz yang sederhana menjadi rumit karena kita tidak tahu apa itu operator div dan operator curl.

Oleh karena itu, saya selalu menyarankan peserta kuliah yang tidak tahu operator div/curl dan integral garis/permukaan/volume sebaiknya segera mengundurkan diri dan ambil tahun depan. Sebab saya khawatir, sisa hidup mereka di dalam kelas saya hanya menjadi neraka bagi mereka.

Berikut adalah slide presentasi kuliah saya.

Saya usahakan update setelah saya selesai mengajar. Anda juga dapat mengunduh slide kuliah yang sama untuk tahun lalu di sini.

File Materi
FIT300_2010_01_intro.zip (1.20 MB) Sejarah elektromagnetik (EM), posisi EM di antara ilmu lain, bagaimana cara mempelajari EM.
FIT300_2010_02_field_theory.zip (1.16 MB) Ulasan vektor kalklulus, ulasan teorema Helmholtz, teori medan.
FIT300_2010_03_electrostatic_field.zip (1.04 MB) Karakter EM statik, eksperimen Coulomb, geometri medan listrik.

FIT300_2010_04_electric_potential.zip (1.09)

Potensial listrik, relasi potensial-muatan-medan listrik, syarat batas, mencari potensial dengan persamaan Laplace.
FIT300_2010_05_works_and_energy.zip (172.87 KB) Gaya dan energi dalam elektrostatik.

FIT300_2010_06_conductors.zip (405.94 KB)

Konduktor, sifat-sifat konduktor, kapasitor.
FIT300_2010_07_magnetostatics.zip (983.29 KB) Mempelajari magnetostatik berdasarkan elektrostatik.

Password: ourworldismadeofelectrodynamics

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

10 thoughts on “Kuliah Listrik dan Magnet 2010”

  1. pak, file yg magnetostatiknya uda ga ada 🙁 tolong di upload lg pak… makasih banyak 🙂

  2. Bisa disebutkan, file mana saja yang sudah tidak ada? Saya rasa iFile.it bukan tempat permanen menyimpan file. Mungkin saya akan pindahkan ke tempat lain.

  3. iya, yg 06 conductors sm 07 magnetostatics… di upload via 4shared.com biasanya tahan lama pak.., atau yg lokal di indowebster.com bisa instan 🙂 makasih banyak pak, insyaallah sebentar lagi mau uas 🙂 mohon do’anya.., oh iya, salam kenal pak, sy dari fisika unpad ^^

  4. Halo Bung Heru.

    Terimakasih sarannya. Saya terpikir untuk memakai scribd, sepertinya juga tahan lama.

    Segera saya unggah kembali file yang dimaksud. Mohon bersabar ya.

    Dan selamat ujian!

  5. Ohya? Saya tidak menghapus dan juga belum mengecek taut-taut itu.

    Kalau sudah tidak ada, mungkin dihapus oleh penyedia layanan penyimpan file itu. Akan saya unggah lagi nanti, insyaallah…

    Terima kasih ya, saya jadi tahu ada masalah.

Leave a Reply