Bom Atom di Hiroshima

Semalam saya menulis kisah tentang kota Hiroshima, Jepang vs. USA di perang Asia-Pasifik, fisi energi, keterlibatan Einstein, dan kisah pedih korban ledakan bom atom di microblog twitter. Tulisan ini memang bukan catatan sejarah, tetapi catatan perjalanan saya dan Ira ke museum perdamaian di Hiroshima pada 1 Desember 2013 yang lalu. Oleh sebab itu saya tidak mengklaim kalau tulisan saya tidak bebas nilai; sadar atau tidak terdapat sejumlah opini pribadi dalam tulisan ini. Tanpa bermaksud memelintir fakta, saya menyadari kemungkinan adanya kekeliruan fakta dalam tulisan ini.

Semalam saya menulis kisah tentang kota Hiroshima, Jepang vs. USA di perang Asia-Pasifik, fisi energi, keterlibatan Einstein, dan kisah pedih korban ledakan bom atom di microblog twitter. Tulisan ini memang bukan catatan sejarah, tetapi catatan perjalanan saya dan Ira ke museum perdamaian di Hiroshima pada 1 Desember 2013 yang lalu. Oleh sebab itu saya tidak mengklaim kalau tulisan saya tidak bebas nilai; sadar atau tidak terdapat sejumlah opini pribadi dalam tulisan ini. Tanpa bermaksud memelintir fakta, saya menyadari kemungkinan adanya kekeliruan fakta dalam tulisan ini.

hiroshima-1before
Hiroshima: sesaat sebelum bom atom meledak.
hiroshima-2after
Hiroshima: sesaat setelah bom atom meledak.

Menulis di microblog twitter, atau akrab disebut kultwit, memang berbeda dengan menulis di blog konvensional. Mungkin faktor yang paling berdampak memberikan perbedaan antara menulis di twitter dan menulis di blog adalah keterbatasan karakter per satu twit.Yang saya sadari dari membaca banyak kultwit adalah mudah diikuti dibandingkan dengan artikel konvensional. Mungkin karena twitt itu keluar per kalimat sehingga kita seakan-akan menyaksikan “siaran langsung penulis menulis”, hehe.

Baiklah. Inilah kultwit saya tentang bom atom di Hiroshima:

  1. Bagian 1/2: chirpstory.com/li/174483
  2. Bagian 2/2: chirpstory.com/li/174485 
  3. Diskusi saat kultwit berlangsung: chirpstory.com/li/174488

Sebelum ini, saya juga pernah menulis kultwit berisi khutbah salat Jumat “tips untuk tidak mengikuti langkah setan” di masjid Toyokawa oleh Imam Muhsin: http://chirpstory.com/li/60927

Selamat menikmati…

 

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

1 thought on “Bom Atom di Hiroshima”

Leave a Reply