Definisi Satu Tahun

Apa definisi satu tahun? Apakah satu tahun adalah 12 bulan? Ataukah satu tahun itu waktu yang dibutuhkan Bumi mengelilingi Matahari tepat satu putaran penuh? Ataukah ada definisi yang lain?

Apa definisi satu tahun? Apakah satu tahun adalah 12 bulan? Ataukah satu tahun itu waktu yang dibutuhkan Bumi mengelilingi Matahari tepat satu putaran penuh? Ataukah ada definisi yang lain?

Dari etimologi, kata “tahun” berasal dari bahasa Jermanik kuno yang diadopsi oleh bahasa Inggris kuno,  gear. Artinya adalah waktu yang dibutuhkan planet untuk mengelilingi Matahari satu putaran penuh (cek: etimologi kata tahun di google).

Berdasarkan ilmu astronomi klasik, pengamat di Bumi menandai satu tahun dengan cara mengamati rasi bintang yang ada di sepanjang garis khatulistiwa. Ada 12 rasi bintang di jalur ini dan dikenal sebagai zodiak.

Dengan teknologi, astronomi modern menghitung waktu satu periode Bumi ini dan menyimpulkan satu tahun adalah antara 365,24 dan 365,26 hari. Lama 0,24 hari adalah 5 jam 45 menit 36 detik; sedangkan lama 0,26 hari adalah 6 jam 14 menit 24 detik.

Hanya saja, definisi menurut astronomi ini tentu membutuhkan definisi lain, yaitu apa itu hari, apa itu jam, apa itu menit dan apa itu detik.

Menurut astronomi, satu hari adalah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berpusing satu putaran penuh.

Satu hari ini dibagi menjadi 24 interval waktu, setiap interval waktu disebut satu jam. Satu jam dibagi lagi menjadi 60 interval waktu yang disebut menit. Dan satu menit kemudian dibagi lagi menjadi 60 interval waktu yang disebut detik.

Dari definisi astronomi ini, terlihat bahwa satu tahun dan satu hari adalah besaran fundamental karena defisi mereka dapat diamati dan dapat dihitung. Sedangkan jam, menit dan detik adalah besaran yang diturunkan dari definisi satu hari.

Yang menarik di sini, definisi satu detik juga diberikan oleh fisika atomik. Satu detik adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cs-133 untuk menyerap atau melepas radiasi gelombang-mikro sebanyak 9 192 631 770 kali yang berasal dari transisi hypefine pada keadaan dasarnya. Definisi ini dijadikan acuan oleh the International System of Measurements semenjak tahun 1967.

Berangkat dari definisi yang diberikan oleh fisika atomik ini, satu menit adalah 60 kali satu detik dan satu jam adalah 60 kali satu menit, atau 3600 kali satu detik.

Berbeda dengan astronomi, di sini justru satu detik yang merupakan besaran fundamental karena definisinya dapat dilihat dan dapat diukur. Sementara menit dan jam adalah besaran turunan.

Pertanyaannya, apakah satu detik oleh astronomi sama dengan satu detik oleh fisika atomik? Dengan kata lain, apakah satu hari adalah 24 kali 3.600 detik, atau 86.400 detik?

Ternyata tidak. Karena lintasan orbit Bumi berbentuk elips yang memaksa kecepatan Bumi saat mengelilingi Matahari berbeda-beda di sejumlah posisi, satu hari tidak selalu persis 86.400 detik.

Jadi, ada ketidakcocokan di sini. Jika besaran fundamental adalah besaran yang dapat diamati dan diukur, maka satu tahun dan satu hari adalah besaran fundamental oleh astronomi, sedangkan satu detik adalah besaran fundamental oleh fisika atomik. Tapi, satu detik tidak dapat digunakan untuk mendefinisikan satu hari dengan konsisten.

Bahkan, satu hari versi astronomi pun tidak dapat dipakai untuk mendefinisikan satu tahun versi astronomi meskipun keduanya adalah besaran fundamental oleh astronomi. Perhatikan bahwa satu tahun harus didefinisikan dalam interval ketika diubah ke dalam satuan hari.

Apakah ada definisi satu tahun yang lain?

Ada, satu tahun adalah waktu yang dibutuhkan Bulan untuk mengalami satu siklus penuh sebanyak dua belas kali.

Kita tahu bahwa bahwa Bulan mengelilingi Bumi yang mengelilingi Matahari sehingga dia pun mengelilingi Matahari. Pergerakan Bulan ini sedemikian rupa sehingga Bulan mengalami perubahan bentuk jika dilihat di permukaan Bumi.  Perubahan wujud Bulan di mata pengamat ini disebut perubahan fase. Kita kenal fase bulan baru, purnama, bulan sabit dan kemudian tidak terlihat (gelap). Satu siklus didefinisikan satu bulan, 12 siklus didefisinikan satu tahun.

Dengan definisi ini, satu tahun persis sama dengan 12 bulan, tidak kurang dan tidak lebih.

Apakah angka 12 ini punya korelasi dengan jumlah zodiak yang 12 tadi?

Tidak, mereka tidak punya korelasi. Siklus bulan sebanyak dua belas kali ini benar-benar dapat diamati di mana pun di permukaan Bumi ini, dengan lama waktu yang persis sama. Siklus satu bulan yang diamati di kota Osaka membutuhkan waktu yang identik dengan siklus satu bulan yang diamati di kota Surabaya. Persis, identik! Sedangkan lama satu zodiak terlihat di langit malam akan berbeda-beda tergantung posisi pengamat.

Satu tahun versi Bumi mengelilingi Matahari adalah dasar dari kalender matahari (solar calendar). Kalender Gregorian, yaitu kalender yang umum kita pakai sekarang, adalah contoh dari kalender matahari. Sedangkan satu tahun versi Bulan berubah fase adalah dasar dari kalender bulan (lunar calendar). Kalender Hijriah, kalendar yang dipakai oleh kaum muslim, adalah contoh dari kelender bulan.

Apakah lama satu tahun Gregorian sama dengan lama satu tahun Hijriah?

Tentu tidak, waktu Bumi mengelilingi Matahari satu putaran penuh lebih lama daripada perubahan fase Bulan satu siklus penuh. Hanya saja, satu tahun berdasarkan Bumi—Matahari ini tidak konsisten setiap tahun, sedangkan satu tahun siklus bulan ini konsisten tiap tahun.

Ingatkan, kalau jumlah hari di bulan Februari bertambah satu sekali dalam empat tahun kalender Gregorian? Itu adalah cara kalender Gregorian untuk mengkalibrasi ulang definisi satu tahun.

Permasalahan ini tidak ada pada kalender Hijriah. Mendefisinikan satu tahun berdasarkan perubahan fase bulan memberikan hasil yang konsisten. Konsistensi adalah syarat mutlak bagi besaran fundamental.

Itulah sebabnya Allah memaklumatkan kepada kita bahwa Dia menggunakan versi Bulan berubah fase untuk mendefinisikan satu tahun. Ini ada frase pertama ayat ke-36 surat At-taubah (surat ke-9):

9-36-frase-1

Kalimat pertama dari ayat ini terdiri dari tiga frase. Frase pertama ayat ini, yang dikotak biru, mengatakan

Jumlah bulan bagi Allah adalah 12 bulan

Frase kedua mengatakan

sebagaimana yang tercantum dalam kitabNya semenjak Dia menciptakan langit dan bumi;

Dan frase ketiga mengatakan

di antara 12 bulan itu, empat di antaranya adalah bulan suci.

Kata “al-sy-syuhuu-ri” (garis merah) dan “sya-h-ran” (garis coklat””) berasal dari akar kata yang sama yang merujuk pada fase Bulan. Frase ini merujuk pada apa yang di sebut pada paragraf sebelum ini, bahwa Allah memaklumatkan kita menggunakan Bulan untuk perhitungan satu tahun.

Mahabenar Allah dengan segala ucapanNya.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

One thought on “Definisi Satu Tahun”

Leave a Reply