Khutbah Jumat

Untuk memenuhi permintaan sejumlah teman, saya unduh di sini teks ceramah saya. Teks-teks ceramah ini saya buat untuk dibaca keras (teks pidato), bukan seperti teks artikel. Sehingga, untuk menghayati teks ini, saya sangat anjurkan para pembaca untuk membaca teks ini seakan-akan sedang memberi pidato.

Institusi pendidikan tinggi di Jepang, meski tidak dinyatakan dengan tegas, secara prinsip menganut sistem sekular. Sistem ini memisahkan agama dari kehidupan kampus. Oleh sebab itu, mahasiswa muslim di Osaka University (OU) bersyukur karena kampus ini mengizinkan pelaksaan Salat Jumat di dalam kampus dan bahkan menggunakan fasiltias kampus.

Bahkan, di Kampus Suita (OU memiliki tiga kampus, yaitu di kota Toyonaka, di kota Suita, dan di kota Minoh), ada satu ruang berukuran k.l. 5×6 meter persegi yang diserahkan kepada organisasi mahasiswa muslim (OMA) untuk digunakan sebagai masjid.

Alhamdulillah.

Di ruangan ini kami rutin mengadakan salat berjamaah, mulai subuh sampai isya, setiap hari. Kadang jamaah cuma dua, kadang satu, tapi yang selalu ramai adalah salat Zuhur, Ashar dan Maghrib, terutama di hari kerja. Pada jam ramai ini, rata-rata ada 30 orang yang ikut setiap salat jamaah.

Dan, Alhamdulillah, kami pun rutin mendirikan salat Jumat di sini. Pemberi khutbah, atau khatib, dipilih oleh pengurus OMA. Saya termasuk yang diminta menjadi khutbah dan sudah beberapa kali melaksanakannya. Bagian terpanjang dari khutbah saya berikan dalam bahasa Inggris, sementara bagian awal dan akhir saya ambil dari khutbatul-hajah yang umum digunakan khatib jumat.

Untuk memenuhi permintaan sejumlah teman, saya unduh di sini teks ceramah saya. Teks-teks ceramah ini saya buat untuk dibaca keras (teks pidato), bukan seperti teks artikel. Sehingga, untuk menghayati teks ini, saya sangat anjurkan para pembaca untuk membaca teks ini seakan-akan sedang memberi pidato.

Kumpulan teks khutbah jumat ini saya akan saya muat pada artikel-artikel  berikutnya dan saya beri tag “khutbah jumat”.

Daftar khutbah jumat yang sudah saya muat (dari terbaru ke terlama):

  1. Segala sesuatu itu berpasangan kecuali Allah, 14 Februari 2014 di Masjid OU, kampus Suita.
  2. Allah menjelaskan tauhid dengan logika, 27 Desember 2013 di Masjid OU, kampus Suita.
  3. Sejumlah keistimewaan Bumi, 7 Mei 2010 di Masjid FST, Unair.

Daftar ini insyaallah akan terus saya perbarui. Selamat menikmati, saya harap ini memberi manfaat.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

Leave a Reply