Segala Sesuatu Itu Berpasangan Kecuali Allah

Inti sari: Hal fundamental yang membedakan satu agama dengan agama yang lain adalah konsep ketuhanan. Dalam Islam, konsep ketuhanan sederhana, yaitu Tuhan itu Mahaesa, atau disebut tauhid. Salah satu sifat Tuhan dalam Islam adalah tidak ada yang menyerupainya. Implikasinya, jika Allah itu Mahaesa, maka ciptaannya tidak ada yang esa. Artinya, semua ciptaanNya berpasangan. Allah menegaskan ini pada banyak tempat di dalam Al-Quran, salah satunya pada ayat 36 surat Yasin.

Khutbah Jumat tanggal 14 Februari 2014, di masjid Osaka University.

Inti sari: Hal fundamental yang membedakan satu agama dengan agama yang lain adalah konsep ketuhanan. Dalam Islam, konsep ketuhanan sederhana, yaitu Tuhan itu Mahaesa, atau disebut tauhid. Salah satu sifat Tuhan dalam Islam adalah tidak ada yang menyerupainya. Implikasinya, jika Allah itu Mahaesa, maka ciptaannya tidak ada yang esa. Artinya, semua ciptaanNya berpasangan. Allah menegaskan ini pada banyak tempat di dalam Al-Quran, salah satunya pada ayat 36 surat Yasin.

This slideshow requires JavaScript.

Sebagian dari isi khutbah ini pernah saya ulas dalam artikel Keberpasangan.

Penafian: Saya telah berusaha sebaik mungkin untuk menyiapkan materi ini, tapi saya tidak menutup diri dari kesalahan yang mungkin terlewat dari kontrol saya. Oleh sebab itu, jika Anda menemukan kekeliruan, mohon disampaikan dengan baik-baik. Jazakallahu khayran.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

One thought on “Segala Sesuatu Itu Berpasangan Kecuali Allah”

Leave a Reply