Pemindahan Folder Users di Windows 7

Dengan segala kehebatannya, ada satu hal yang menjengkelkan saya tentang OS Windows. Yaitu ukurannya yang membengkak seiring berjalannya waktu. Ini membuat kerja komputer melambat.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah memisahkan antara file sistem dan file lainnya pada dua partisi hardisk yang berbeda. File-file dokumen mudah diatur, mereka dapat dipindahkan ke mana saja dan kapan saja. Sedangkan program-program aplikasi seperti MS Offices dan anti virus pun dapat dipindahkan ke partisi lain dengan prosedur tertentu (uninstall dan re-install , misalnya).

Tapi, ada satu folder yang menurut saya paling bermasalah. Di Windows 7 namanya folder Users. Lokasinya di  direktori utama drive C:\. Folder ini berisi profil kita sebagai pengguna komputer. Ukuran folder ini juga membengkak. Apalagi jika kita instal iTunes untuk berkomunikasi dengan iPad dan iPhone. Masyaallah, sungguh menjengkelkan.

Apakah folder ini dapat dipindahkan?

Folder Users ini dapat dipindahkan ke partisi lain dengan teknik-teknik tertentu.  Saya pernah menggunakan salah satu teknik itu, yaitu teknik junction folder dan sukses.

Hanya saja, memindahkan folder Users ternyata membuat api dalam sekam, bahaya laten!

Saat kita harus mengaktifkan fungsi “system restore”, yang merupakan salah satu fitur andalan Windows 7, besar kemungkinan Windows tidak mengenal bahwa lokasi folder Users telah berganti.

Akibatnya, Windows tidak dapat menggunakan konfigurasi sistem yang biasa kita pakai.

Untuk dapat berfungsi utuh, Windows kemudian membuat profil sementara dan memberi peringatan kepada kita kalau komputer aktif tidak menggunakan profil kita.

Inilah yang kemudian terkenal dengan temporary user profile problem sepeti pada gambar berikut ini.

temporary-profile-user-problem
Masalah profil user sementara akibat Windows gagal membaca konfigurasi sistem pada folder User.

Jika bukan karena pemindahan folder Users, maka masalah profil user sementara ini bukanlah masalah serius.

Tapi, cerita jadi lain jika sebelumnya kita sudah memindahkan lokasi folder Users.

Saya sudah mengalaminya dua kali. Pertama medio 2013 dan kedua terjadi malam Minggu kemarin, beberapa saat sebelum pertandingan Arsenal lawan Manchester United.

Pada dua kejadian itu, butuh waktu lama bagi saya untuk memikirkan bagaimana cara mengatasinya. Keputusan akhir sama: format dan instal ulang OS Windows.

Mungkin itu sebabnya Microsoft tidak menganjurkan pemindahan folder Users.

Tapi… ternyata ada cara lain untuk memindahkan beban folder Users. Folder Users tidak dipindahkan, dia tetap pada partisi yang sama dengan  OS.  Yang dipindahkan adalah file-file di dalam Folder Users itu.

Dan, menurut saya, proses pemindahan ini “lebih legal” ketimbang teknik junction tadi.

Prosedur pemindahannya dapat Anda pelajari di artikel PCWorld ini  dan peragaannya ada pula di kanal Youtube ini.

Jika Anda ingin melakukannya, maka saran saya baca artikel tersebut dan tonton peragaannya SEBELUM Anda melakukannya.

Dan, jangan lupa membuat satu restore point sebelum melakukannya.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

Leave a Reply