Pengantar kuliah Termodinamika 2015

rusydi-course-2015-fit204-0-cover

 

Pertama kali saya berkenalan dengan ilmu termodinamika ini adalah pada saat saya tahun kedua kuliah di Fisika Teknik ITB. Mata kuliah Termodinamika termasuk momok karena gaya mengajar Pak Wasigaren, dosen termodinamika, unik dan mencekam, dua kombinasi gaya yang menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa.

Begitu Pak Wasi masuk, beliau langsung menyodokkan tangannya kepada kami, dengan gerakan benar-benar seperti orang menyodokkan pisau ke hulu hati, dan bertanya “Kenapa begini” atau “bagaimana caranya…” (merujuk pada PR yang beliau berikan pada pertemuan sebelumnya).

Karena suasana yang mencekam itulah saya jadi penasaran untuk membaca dan mengerjakan soal-soal buku “Thermodynamics: engineering approach” karya Yunus Cengel, buku pegangan kami saat itu.

Biasanya Moemoeh, teman sekelas saya, berkunjung hari Rabu malam ke rumah saya untuk belajar bersama. Mulai sore kami sudah mulai belajar, sampai tengah malam. Tapi pukul 8 pm berhenti untuk menonton film seri X-Files di SCTV.

Walhasil, saya termasuk satu dari segelintir mahasiswa yang berhasil dapat nilai A untuk kuliah Termodinamika yang didoseni Pak Wasigaren.

Lolos saja dari Pak Wasi sudah presentasi yang layak disyukuri dengan potong ayam, apatah lulus dengan A.

Sekarang kuliah yang sama, dengan pendekatan berbeda, saya ajar di jurusan Fisika, Universitas Airlangga.

Kuliah Termodinamika diberikan pada semester 3 dengan beban tiga sks.

Taut berikut adalah slide kuliah saya pada pertemuan pertama yang berisi tentang gambaran umum ilmu termodinamika dan rencana perkuliahan.

rusydi-course-2015-fit204-0.zip

File tersebut dalam format zip yang dibuka dengan kata sandi:

ThermodynamicsIsAlwaysTrueInAnyCircumstance

Kepada peserta kuliah termodinamika: Selamat belajar sebuah hukum di dunia fisika yang menurut Einstein adalah satu-satunya hukum yang tidak akan pernah salah dalam berbagai kondisi.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

Leave a Reply