Lima Konsep Dasar Termodinamika dari Gas Ideal

rusydi-course-2015-fit204-1-cover

Setelah membaca tiga bab pertama buku Physical Chemical (edisi ke-9) karya Peter Atkins yang tersohor itu, serta menyimak catatan kuliah dan video kuliah Thermodynamics and Kinetic dari MIT Open Course Wire, saya menyimpulan bahwa saya butuh lima konsep dasar termodinamika untuk kelas yang sedang saya ajar sekarang ini.

Kelima konsep dasar itu adalah (1) pendefinisian sistem dan lingkungan, (2) persamaan keadaan untuk mendeskripsikan sistem, (3) kesetimbangan mekanik, (4) kesetimbangan termal, dan terakhir (5) lintasan perubahan keadaan.

Kelima konsep ini saya gunakan pada gas ideal untuk memberikan ilustrasi bagaimana konsep-konsep dasar tersebut terpakai dalam termodinamika.

Contoh pertama adalah penjelasan bagaimaan angka -273,15 C lahir dan kemudian menjadi absolute zero. Saya mendapat kesan bahwa para peserta kuliah baru pertama kali mengetahui apa keistimewaan angka itu.

Contoh kedua adalah penggunaan diagram PVT.

Contoh ketiga adalah persamaan keadaan untuk gas ideal dan gas yang tidak terlalu ideal.

Untuk para peserta kuliah, berikut ini adalah taut slide presentasi saya dan deskripsi kuliah termodinamika.

rusydi-course-2015-fit204-1.zip

(alamat taut sudah diperbaiki!)

Kedua file tersebut saya kompres dalam format zip dan saya kunci dengan sandi

NoWeakSoldiersUnderTheCommandOfAGreatGeneral

Jangan lupa, Problem Set 1 untuk periode September-11 sampai dengan September-19 sudah saya tempel di pintu kantor saya.

Selamat berakhir pekan!

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

Leave a Reply