Simpan dalam Format png atau jpg?

Pertanyaan ini mengusik saya sejak lama. Karena tidak begitu peduli dengan ukuran file, saya tidak pernah benar-benar mempelajari bedanya. Tapi gara-gara pengunduhan proposal riset DIKTI menyaratkan ukuran file tidak lebih dari 5M, saya butuh mempelajarinya lebih detil.

Pengalaman terakhir saya tentang png vs. jpg ini adalah pekan terakhir bulan Ramadan yang lalu. Saya ketik proposal saya dengan LaTeX. Saya buat semua ilustrasi di MS Power Point yang kemudian saya salin ke GIMP untuk diekspor ke format jpg dengan kualitas setiap file 100%. Hasilnya, ukuran file odf yang dihasilkan LaTeX menjadi 7,3M. Setelah saya kecilkan ukuran dan kualitas setiap gambar, ukuran file pdf turun menjadi 3,2M.

Tapi kemudian saya sadari, ukuran file gambar ilustrasi saya akan menjadi lebih kecil lagi jika saya simpan dalam format png. Ini mengantarkan saya pada blog digital inspiration, yang menjawab dengan ringkas pertanyaan “simpan dalam format png atau jpg?”

Ilustrasi berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan tersebut.

Saya buat rule of thumb untuk diri saya sendiri: Gunakan format jpg hanya untuk gambar yang berasal dari foto, sisanya gunakan png.

Author: febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

2 thoughts on “Simpan dalam Format png atau jpg?”

Leave a Reply