Categories
My Course

Modul Kuliah

Penafian: artikel ini seharusnya saya letakkan di situs TPRG. Tapi, karena sesuatu terjadi, situs tersebut tidak dapat membuka dan menambah artikel baru. Sehingga, untuk sementara tulisan ini saya letakkan di sini.

Mulai semester ini, kami memperkenalkan metode pengajaran baru: sistem modul. Sistem modul ini tentu bukan metode baru. Sampai era 80-an, sistem modul ini masih digunakan dari SD s.d. SMA. Seorang siswa bisa naik kelas jika dia sudah menyelesaikan sejumlah modul yang disyaratkan untuk bisa naik kelas. Siswa harus pro-aktif untuk menyelesaikan modul yang diwajibkan. Akhir 80-an, sistem modul ini kemudian diganti menjadi LKS, bagian dari sistem yang dinamai CBSA. Sistem CBSA ini pun mengalami perubahan berkali-kali. Meskipun demikian, konsep bahwa pendidikan berpusat pada siswa, semenjak sistem modul, tetap dipertahankan.

Meski bukan sistem baru di dunia pendidikan, tapi kami baru menggunakannya. Sebagai tahap uji coba, kami terapkan sistem modul ini di kuliah yang paling mudah, yaitu FIT301 Fisika Kuantum. Paling mudah? Ya, kenapa tidak. Karena “tidak ada yang mengerti mekanika kuantum” (Richard Feynman) dan “jika Anda tidak dibuat bingung, berarti Anda belum mengerti mekanika kuantum” (Niels Bohr).

Karena sistem baru, tentu kami harus jelaskan bagaimana cara menggunakannya. Sebelum kami jelaskan cara penggunaannya, kami harus nyatakan (penafian) bahwa modul tersebut pasti banyak salah. Kami akan perbaiki seiring waktu. Kami pun mengundang Anda, para peserta kuliah, untuk memberi masukan dan kritikan tentang modul tersebut. Terima kasih, kami sampaikan terlebih dahulu, kepada Anda yang telah berniat untuk berpartisipasi dalam perbaikan modul ini.

  1. Modul, pada prinsipnya, adalah uraian singkat sejumlah konsep-konsep kunci. Uraian tersebut dinyatakan dalam kalimat taklengkap, sehingga Anda harus mengisi bagian yang kosong tsb.
  2. Modul ke-n diberikan setelah kuliah ke-n diselesaikan. Materi kuliah ke-n mengikuti silabus. Anda diharapkan mencatat selama kuliah berlangsung sehingga Anda dapat mevalidasi catatan Anda dengan modul. Misalnya, Anda dapat mengecek apakah semua konsep kunci sudah ada di dalam catatan Anda. Anda pun dapat menggunakan catatan untuk mengisi modul. Anda bahkan dianjurkan untuk membuat catatan di bagian kanan modul yang memang sengaja kami luarkan marginnya.
  3. Bagian yang kosong yang harus diisi dari modul dapat berupa jawaban
    • pilihan, ditandai dengan lingkaran;
    • jawaban singkat (1 s.d. 3 kata), ditandai dengan garis solid (pendek, atau panjang); dan
    • uraian, ditandai dengan kotak kosong.
  4. Kami tulis modul dalam bahasa Indonesia, semata-mata untuk menjadikan modul ini sebagai karya anak bangsa. Namun, bagian judul tetap dalam bahasa Inggris untuk menyeragamkan dengan silabus.
  5. Kami akan mengumumkan satu hari sebelum modul dikumpulkan. Tapi, kami hanya meminta sejumlah peserta saja untuk mengumpulkan modul, atau “wajib modul”. Teknis pengumpulan akan diumumkan bersamaan dengan daftar wajib modul di kanal telegram TPRG.

Untuk silabus dan modul pertama FIT301 Fisika Kuantum, sila kunjungi berita ini di kanal telegram kami.

By febdian RUSYDI

a physicists, a faculty, a blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.